Rakernas – XV Ikatan Olahraga Dancesport Indonesia 2022

Pengurus Pusat Ikatan Olahraga Dancesport Indonesia (PP IODI) pada hari Rabu, 05 Juli 2022 menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke – XV bertempat di hotel Harper, Palembang, Sumatera Selatan.

Rakernas IODI merupakan rapat koordinasi kerja yang dilaksanakan di tingkat Nasional sebagai forum pengambilan keputusan.  Hadir pada rakernas di Palembang pengurus pusat IODI dan utusan pengurus Provinsi IODI .

Pada kesempatan ini Ketua Umum PP IODI Heru Sutantio menyampaikan  pada masa jabatannya sebagai Ketua PP IODI kegiatan difokuskan pada pembinaan prestasi atlet, selain itu juga pada penguatan organisasi dengan jalan menciptakan kerukunan dan kedamaian di segenap pengurus IODI, baik di tingkat kota, kabupaten, provinsi sampai  dengan pusat.  Perlu kebersamaan dalam membina atlet secara berjenjang dan berkesinambungan untuk menciptakan atlet-atlet yang mumpuni.

Penyerahan SK dari Pengprov Aceh kepada Ketua Umum PP IODI Heru Sutantio

Heru Sutantio menambahkan, di tahun 2021 bidang organisasi PP IODI telah membuka Pemprov baru, yaitu IODI Lampung, Sumsel dan Aceh dengan tujuan IODI semakin berkembang dan maju. Bidang bina dan prestasi telah mengadakan seleknas atlet breaking di Paris pada tahun 2020, memberangkatkan atlet breaking untuk mengikuti kejuaraan di Paris, dan pada tahun 2022 mengadakan seleksi nasional untuk atlet Sea Games Vietnam dan Asean Games.  Pada bulan Agustus 2022 mendatang PP IODI akan melatih pelatih breaking maupun atlet breaking.

Rapat kerja dilanjutkan dengan penyampaian program, untuk program kerja Bidang Bina dan Prestasi tahun 2022 sampai dengan 2023 yang di bawakan oleh Kho Hui Jhu  dan Lanny Budiani. 

Lanny Budiani anggota bidang bina dan prestasi menyampaikan program jangka pendek dan jangka panjang.  Program jangka pendek antara lain pada tanggal 17-22 Agustus 2022 akan diadakan pelatihan atlet breaking serta pelatihan pelatih breaking Nasional oleh guru dari Taiwan, pelaksanaan di Provinsi DKI Jakarta.  Diwaktu yang sama juga akan dilaksanakan seleknas atlet breaking untuk atlet under sixteen dan dilaksanakan di provinsi DKI Jakarta.  Para atlet akan dikirim oleh Pengprov yang disertai dengan surat rekomendasi dari Pengprov setempat, maksimal setiap Pengprov mengirim 2 orang atlet.

Sedangkan untuk program jangka panjang bidang bina dan prestasi, akan diadakan pelatihan pelatih nasional yang sudah mempunyai sertifikat Asosia sampai tingkat selanjutnya dengan materi standart dan latin, kegiatan akan dilaksanakan di Jawa Timur.  Berikutnya pelatihan pelatih daerah di laksanakan di provinsi Jawa Barat, dilanjutkan dengan workshop atlet standart dan latin akan dilaksanakan dua kali dalam satu tahun, sebagai pelaksana provinsi DIY serta  akan diadakan even kejurnas.

Usai bidang bina dan prestasi dilanjutkan dengan penyampaian bidang organisasi.  Guna untuk menyempurnakan AD/ART, Muslih sebagai ketua bidang organisasi menawarkan untuk melanjutkan Rakernas tahun 2022 dengan Munaslub yang khusus menyempurnakan AD/ART dan secara aklamasi semua peserta setuju.  Selain itu membicarakan dan memutuskan peraturan, kode etik, tata tertib dan/atau petunjuk teknis pertadingan.

Hasil dari Munaslub yaitu penyempurnaan AD/ART telah disetujui oleh para peserta yang hadir.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.