Breakdance

Breakdance adalah sebuah tarian modern yang mengandung unsur akrobat dan senam, dipadu sedemikian rupa hingga menghasilkan aneka gerakan tubuh yang rumit, dimana tak sembarang orang bisa melakukannya dengan baik karena sangat beresiko jika gerakannya gagal. Musik pengiringnya juga khusus, yakni aliran musik hip hop dengan beat (irama) yang patah-patah sehingga disebut break beat. Jenis musik ini diciptakan oleh seorang dj (disc jockey) bernama Koll Herc, yang menjadikan musik break beat sebagai sumber inspirasi para breaker menciptakan gaya-gaya yang atraktif dan unik. Breaker, Breakdancer, B-boy (break boy), dan B-girl (break girl) adalah sebutan bagi para pelaku breakdance.

Breakdance muncul di tahun tujuh puluh, di wilayah kumuh, semrawut, dan miskin, di kawasan Bronx Selatan, New York, Amerika Serikat. Namun sebenarnya cikal bakal breakdance dibawa oleh orang-orang Afrika yang dahulu menjadi budak di Amerika. Tarian ini mengisi jalanan New York sejak awal 1970-an, yang kemudian menggantikan pola kerusuhan fisik antar geng yang sering terjadi di pemukiman Negro. Anak-anak muda di wilayah tersebut membentuk kelompok-kelompok breakdance, mengadu kebolehan dengan aneka gerakan yang cukup sulit, dan tidak lagi asal berkelahi fisik. Kegandrungan anak muda Afrika-Amerika dan Puerto Rico ini kemudian berkembang hingga ke Los Angeles dan akhirnya menjadi populer di seluruh dunia. Tayangan televisi juga mempunyai peran yang tidak kecil dalam mempopulerkan breakdance hingga tersebar ke Amerika Latin, Eropa, dan Asia.

Tahun 1980 terjadi demam breakdance, dimana anak-anak muda (laki-laki dan perempuan) berlatih skill gerakan breakdance agar tidak kalah bersaing dengan breaker lainnya. Saat itu kelincahan membawakan gerakan breakdance, terlebih yang sulit dan beresiko cedera, sempat menjadi tolok ukur seseorang mendapat julukan “keren” atau “cool” menurut bahasa anak muda sekarang. Pada masa demam breakdance, jalanan-jalanan di Amerika sudah seperti catwalk bagi para peragawati/peragawan. Hampir setiap malam di beberapa bagian kota terdapat komunitas breakdance saling unjuk kebolehan, dan tidak sedikit yang berujung pada keributan. Tidak hanya di jalan-jalan saja tarian ini ditemukan, di club dan party pun para breaker unjuk kebolehan. Mereka berkompetisi dengan gaya mirip freestyle yang biasa ditemukan pada musik hip hop. Bagi mereka breakdance bukan hanya sekedar cara mengekspresikan diri, melainkan sudah menjadi trend dan passion tersendiri bagi penggemarnya.

Gerakan breakdance terdiri dari senam dan akrobat yang di antaranya menggabungkan unsur-unsur gerakan robot, kungfu, dan pantomim. Michael Jackson adalah orang yang sangat menginspirasi para breakers karena memperkenalkan gerakan robot dalam setiap penampilannya. Ia selalu memunculkan gerakan-gerakan baru dalam penampilannya. Tariannya bak virus, membuat orang penasaran dan berusaha meniru gerakannya. Salah satu gerakan yang melegenda adalah moon walk. Ragam gerak breakdance terbagi dalam tiga kategori gerakan dasar, yaitu: (1) Electric boogie. Gerakan tarinya seperti orang yang terkena sengatan listrik. Termasuk dalam gerakan ini antara lain ticking, wave (gelombang), moon walk (gaya berjalan di bulan); (2) Breaking. Gerakan akrobatik yang menuntut kelenturan tubuh, otot-otot lengan dan kaki harus cukup kuat untuk menahan berat tubuh. Gerakan breaking yang populer adalah berputar dengan tumpuan atau sumbu punggung dengan kedua tangan dan kaki ditekan mendekat ke bagian perut breaker. Termasuk dalam gerakan ini adalah headspin (berputar bertumpu pada kepala), handglide dengan sumbu gerak salah satu tangan, kura-kura atau memutar tubuh dengan tumpuan kedua tangan dan beberapa gerakan lain; serta (3) Up-rock. Gerakan tubuh yang menggambarkan adegan duel (hanya pura-pura), seperti memukul, meloncat, menyerang, mengelak, dan menendang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.